Menguatkan ikatan pernikahan

Untuk menjaga bahkan memperkuat ikatan tali pernikahan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah pernikahan.

1. Jangan pernah mengubah pasangan. Daripada berusaha mengubah kepribadian pasangan, lebih baik … fokus mengembangkan kelebihan masing-masing.

2. Ungkapkan sesuatu dengan baik. Ketika Anda mengungkapkan kebutuhan Anda, ungkapkan seperti Anda memang benar-benar menginginkan dan bukan sebaliknya. Jangan mengatakan, “Saya benci ketika kamu harus melakukan semua hal dengan terjadwal,” cobalah mengatakan, “Aku akan senang jika menjalani hari secara spontan.”

3. Berikan apresiasi. Katakan hal positif kepadanya tiga kali sehari, dan spesifik. Jangan mengatakan, “Kau adalah ayah yang baik.” Berikan pula alasannya. “Kamu baik karena kamu membantu anak kita dengan menyelesaikan teka-teki itu, sedangkan aku tidak pernah sabar untuk melakukannya.”

4. Fokus pada hal-hal positif. Ini adalah pilihan untuk pola pikir, jadi ketika Anda marah, bayangkanlah sesuatu tentang pasangan yang membuat Anda terkesan untuk menghilangkan pikiran negatif Anda.

5. Ingatlah kenangan manis. Dengan menghidupkan kembali kenangan dengan pasangan Anda, itu benar-benar mengubah pola pikir Anda, dan bagaimana cara Anda melihat dia dan berpikir tentang hubungan Anda.

6. Jangan pernah menjadi musuh. Bukti suatu hubungan ada pada saat pasangan Anda membutuhkan, dan memberi dukungan tanpa perlu menyampaikan solusi.

7. Terus jaga hubungan. Kepercayaan, keamanan, dan komitmen merupakan elemen kunci dalam setiap hubungan, namun memiliki pasangan tidak berarti Anda dapat memperlakukan hubungan Anda seperti batu, dan berhenti berusaha.

8. Lakukan bersama-sama. Ini bukan hanya tentang kencan, namun pasangan yang bahagia tampaknya melakukan banyak hal duniawi bersama-sama. Mereka memiliki kebiasaan kecil yang mereka putuskan untuk melakukannya bersama-sama, baik membayar tagihan bulanan atau melipat pakaian.

9. Sadari saat pasangan butuh perhatian. Pasangan yang berbahagia menyadari tindakan kecil pasangannya yang sedang membutuhkan perhatian.

10. Lakukan hal-hal kecil bersama. Untuk membuat hubungan menjadi menyenangkan, Anda tidak dapat hanya melakukan berbagai hal besar. Hal besar saja tidak akan membuat hubungan pasangan menjadi bahagia dalam keseharian mereka.

Nah, demikian semoga bermanfaat dan semoga ikatan pernikahan anda semakin kuat.

sumber : Holly Corbett, REDBOOK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s